AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb

Resep Cara membuat Kue Jadah Ketan Goreng

Resep Kue Jadah Ketan : Makanan yang terbuat dari bahan utama beras ketan yang dicampur dengan parutan kelapa ini mungkin sudah banyak yang tau dan sudah pernah memakannya. Banyak nama yang disematkan pada jenis makanan ini. Contohnya: ada yang memberi nama makanan ini Kue Jadah Ketan, Gemblong, Ketan Goreng dll.... Kalau didaerah mu makanan ini disebut apa ya ?

jadah ketan goreng

Bahan utama yang harus Anda siapkan untuk membuat Kue Jadah Ketan Goreng :
- 1 kilo gram Beras Ketan Siem.
- 2 butir Kelapa.
- Garam secukupnya atau sesuai selera Anda.
Cara membuat Kue Jadah Ketan Goreng :
1 - Siapkan wadah dan isi dengan air bersih. Lalu beras ketan siem di rendam dalam air semalaman. Lalu angkat dan tiriskan.

2 - Bersihkan kulit kelapa yang berwarna coklat, lalu parut kelapa 2 butir yang sudah bersihkan kulit yang berwarna coklat dan tinggal kelapa yang warna putih saja.

3 - Selanjutnya, beras ketan di campur dengan parutan kelapa dan garam secukupnya. Lalu kukus campuran beras ketan dan kelapa parut sampai setengah matang. Lalu angkat dan taruh dalam wadah. Lalu aduk-aduk agar tercampur merata dan beri dengan sedikit air panas.

4 - Lalu kukus lagi ketan sampai matang. Setelah ketan matang, angkat. Selagi beras ketan masih panas, tumbuk beras ketan sampai halus.

5 - Sesudah itu, cetak beras ketan dalam wadah plastik sambil dipadatkan dan atasnya diratakan halus. Setelah itu, tuang beras ketan dalam loyang yang sudah dialasi dengan daun pisang. Lalu biarkan sampai dingin.

6 - Setelah beras ketan kukus dingin, baru bisa dipotong-potong, ukuran potongan bisa disesuaikan dengan selera anda.

7 - Lalu goreng jadah sampai berwarna kekuningan dan jaddah goreng matang. Lalu angkat dan sajikan dipiring saji.

8 - Kue Jadah ketan goreng siap untuk dinikmati bersama secangkir kopi selagi masih jadah goreng masih panas selesai digoreng.

Selamat mencoba dan selamat menikmati "Kue Jadah Ketan" goreng buatan anda sendiri...
Related Posts
SHARE
Newer Oldest

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment